Thursday, June 12, 2008

Cerita di Balik Sidang Proyek Anapersil

Howaa....akhirnya selesai juga ini proyek. Sebenernya sih udah dari minggu kemaren selesainya. Cuma berhubung kelompok gw belom maju sidang, jadi rasanya masih ada beban aja. Akhirnya tadi maju sidang juga. Kelompok pertama lagi. Hohohoho...

Gw mo cerita kronologis sidang tadi yang bisa dibilang cukup kacau. Jadi gini ceritanya...

Seperti biasa, duduknya sesuai dengan urutan nama yang ada di proyek. Jadi susunan duduknya seperti ini gw - mel - nan - piw. Sebenernya gw juga ga ngerti si mel itu nulis namanya berdasarkan apa. Soalnya kalo berdasarkan absen, udah pasti gw itu paling belakang. Kalo berdasarkan alfabet, pasti si piw yang paling depan. Ga tau juga tuh anak. Aneh. Ya, intinya karena gw giliran pertama n gw tanya-tanya ama anak-anak yang udah maju. Katanya kalo giliran pertama biasanya disuruh jelasin class diagram ama FACTOR. Langsung lega dech gw. Secara gw itu kebagian buat class diagram, event table, statechart, revise class diagram ama function component. Jadi dengan kata lain, udah ngerti luar dalem sampe hafal luar kepala. Gara-gara keseringan melototin itu class diagram. Nah, kalo yang FACTOR katanya paling ditanya apa bedanya functionality ama responsibility.

Begitu maju, masih dengan hati deg-deg-an, tangan berkeringat dingin, pokoknya grogi banget dech. Aslabnya langsung dech mulai nanya-nanya. Giliran pertama itu gw.

Aslab : "Apa sih bedanya functionality ama responsibility?"

Gw : (dalam hati, "ini kan barusan gw review di depan kelas tadi ama si effie" langsung dech dengan PD-nya gw jawab) "ya, kalo functionality itu kan menjelaskan fungsi-fungsi apa yang didukung oleh sistem ini secara lebih rinci...kalo responsibility itu menjelaskan tentang tanggung jawab sistem ini secara keseluruhan..." (kurang lebih begitu dech gw jawabnya)

Aslab : "Jadi ini kebalik donk?"

Gw : (langsung kaget, nunduk ke bawah ngeliat proyek yang di tangan gw, trus spontan ngomong...) "o...iya...kebalik..." (dengan nada kaget)

Aslab : (menegaskan kembali) "Jadi ini kebalik donk?"

Gw : (dengan mantapnya gw jawab...) "...iya..."

Sebenernya sich maksud gw ngomong "iya" itu ngaku kalo jawaban gw pribadi salah n proyek yang bener. Soalnya gw mikirnya pasti gw yang kebalik nich. Ga mungkin donk 3 temen gw yang laen ngaco semua. Secara gw sama sekali ga urusan tuh ama yang namanya FACTOR. Udah gitu waktu lab anapersis semester lalu kan juga pernah dibalik n gw lupa apa dibalik jadi apa. Tapi setelah gw tanya-tanya ama temen-temen, trus ngecek ke buku mathiassen, n sampe rumah gw cariin lagi jawaban TM anapersis gw waktu itu. Dan ternyata jawaban gw yang bener. Jadi kelompok gw cuma bisa berharap aslab-aslab itu mengartikan kata "iya" gw itu sebagai pernyataan bahwa proyek gw yang salah. Dengan begitu kan mereka nganggepnya kalo kelompok gw itu mengerti tapi mungkin aja ada kesalahan teknis dalam pengetikan yang masih bisa dimaafkan. Ya, namanya kesalahan teknis kan bisa dimaklumi. Ya ga? *dasar mo ngeles aja nich orang*

Trus lanjut lagi ke si mel. Ni anak ditanyain soal class diagram, revise, dan teman-temannya. Rada grogi juga jawabnya. Sampe sempet nge-blank. Secara yang ditanya ke dia itu yang buat gw semua. Tapi untung dia bisa jawab dengan lancar. Sambil gw bisikin sich. Tapi kan yang penting bisa jawab. Ya ga, mel? Yang ini ga ada masalah berarti.

Lanjut lagi si nan yang ditanyain. Jujur aja gw udah mulai ga perhatiin. Kayaknya sich dia ditanyain soal function list n kayaknya jawabannya lancar-lancar aja tuch. Ya iyalah secara dia aslab gitu. Hehehehe....

Berikutnya giliran piw yang ditanyain. Disinilah dimulainya bencana kedua. Gini ceritanya...

Aslab : "Coba donk jelasin tentang deployment diagram..."

Piw : (langsung mengeluarkan jurus jualan kecapnya) "Jadi dalam sistem ini kami menggunakan...bla...bla...bla..." (panjang banget jawabnya)

Aslab : "Ehm, gambar AOnya itu yang bener di luar apa di dalam ya?" (pertanyaan ga penting tapi langsung menjatuhkan)

Gw langsung liat ke proyek, "mati...salah lagi...", langsung dech bilang ke mel kalo harusnya di dalam. Udah ketahuan salahnya. Eh, bisikan estafetnya belom nyampe ke si piw, tu orang udah ngejawab.

Piw : "Di luar..."

Aslab : "Yakin?"

Piw : "Yakin..." (dengan semangat 45)

Aslab : "Harusnya di dalam..."

JLEB !!! Langsung nancep. Untung abis itu udahan. Phiuffff...akhirnya selesai juga proyek Anapersil ini yang sudah menguras banyak waktu, tenaga, pikiran, listrik, untung aja inet gw unlimited. Walaupun dengan banyak kekacauan. Dan yang konyolnya pas sidang jatuh di hal-hal yang ga penting banget. Hah...yang penting sudah selesai.

HIDUP kelompok gw !!!!

1 comments:

Unknown said...

Hahaha..
kelompok gw juga pada grogi kok pas sidang.. wakakakakzzz..
mana gw ditanya bagian desain.. gw bikinnya kan analisis.. mati kutu gw.. hahaha..


Blogspot Template by Isnaini Dot Com