Friday, August 15, 2008

Sebenarnya Apa Sich Arti Mandiri?

Hmm...bingung ya kenapa tiba2 gw bisa ngomongin soal kemandirian...

Jadi, ceritanya kemarin itu gw n teman-teman memulai suatu diskusi di siang hari sekalian untuk membunuh waktu karena menunggu itu ternyata sangat menyebalkan. Topik awal diskusi sich sebenarnya bukan soal kemandirian. Tapi entah kenapa lama-kelamaan bisa nyangkut ke topik itu. Dan sebenarnya gw sangat tertarik dengan topik ini yang akhirnya membuat gw berpikir kembali mengenai apakah gw itu sudah mandiri di usia gw yang sekarang ini.

Awalnya sich, gw berpikir kalo gw itu udah bisa dibilang cukup mandiri. Kenapa gw bilang begitu? Soalnya dari kecil, gw udah dibiasakan untuk melakukan segala sesuatunya sendiri. Kalo gw menginginkan sesuatu ya gw harus berusaha sendiri untuk mewujudkan keinginan itu tanpa bergantung kepada orang lain. Gw pikir dengan begitu sudah bisa dibilang kalo gw itu cukup mandiri.

Tapi, ternyata salah seorang teman berkata, "Itu sich bukan mandiri tapi harga diri yang terlalu tinggi." Hmm...pertamanya gw bingung banget. Akhirnya gw meminta penjelasan dari perkataan teman tersebut. Dia bilang yang namanya mandiri itu belum tentu tidak membutuhkan pertolongan orang lain. Dia mencontohkan jika kita mempunyai suatu masalah dan kita dapat menyelesaikan masalah tersebut sendiri dengan maupun tanpa bantuan orang lain. Itu baru dinamakan mandiri. Menurut dia, kemandirian bukan terletak pada butuh atau tidaknya kita dengan bantuan orang lain. Tapi lebih kepada apakah kita memiliki inisiatif untuk melakukan segala sesuatunya sendiri dengan maupun tanpa bantuan orang lain. Kesimpulan gw berarti kata kuncinya adalah inisiatif. Bener gitu ga ya? Sejujurnya gw masih bingung...

Jadi sebenarnya gw itu mandiri atau punya harga diri yang terlalu tinggi ya?

Entahlah...gw sendiri masih bingung...

0 comments:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com